Dampak Mematikan Begadang Secara Phisiologis

Begadang itu akan memicu di grup si sangat parah pada irama sirkadian di dalam tubuh. Deskripsi tersebut akan sangat memicu sel-sel untuk kebingungan yang hebat di dalam tubuh kita dan sangat akan meningkatkan probabilitas kematian yang mendadak. Berikut cirumanja.com akan memberikan sebuah literasi tentang bahaya begadang untuk manusia terutama untuk anda yang bekerja secara shift.

Pernahkah anda memilih untuk bergadang mengerjakan sesuatu daripada tertidur. Atau untuk hanya sekedar menonton film drama korea ataupun netflix sampai pagi buta karena sangat terkesan dengan ide ceritanya dan sangat penasaran. Atau untuk anda yang biasa bekerja secara sip dan sering sekaliAtau untuk anda yang biasa bekerja secara sip dan sering sekali bekerja pada malam hari.

Dampak Begadang, kesehatan


Tahukah anda bahwa kebiasaan begadang dan tidur terlalu larut malam itu akan memicu berbagai macam masalah yang sangat serius bagi tubuh dan kesehatan anda. Seperti obesitas diabetes penyakit penyakit jantung atau kardiovaskuler yang pada akhirnya akan sangat beresiko sekali terhadap kematian.

Apa sih yang sebenarnya terjadi ketika kita begadang sampai dengan larut malam. Untuk memahami hal tersebut anda harus tahu bahwa ada yang namanya siklus tidur dan irama sirkadian.

Tidur pun memiliki suatu siklus tersendiri dan berulang selama 24 jam, itu telah diatur oleh sebuah sistem didalam tubuh kita hal itu dinamai oleh ilmu kedokteran sebagai irama sirkadian.

Jadi manusia itu memiliki kemampuan dalam untuk mengkoordinasi waktu biologi. Tubuh akan mengetahui secara biologis yang ataupun malam secara otomatis, organ panca indra yaitu mata.

Mata dan sistem koordinasi berupa saraf mereka akan mengatur secara periodik sistem tubuh kita dan ketika tubuh kita tidak lagi diatur secara normal oleh pergerakan atau kejadian-kejadian alam secara alami tapi oleh kegiatan-kegiatan kita seperti pekerjaan maka tubuh kita akan merasa kebingungan. Sistem saraf tidak lagi bisa menterjemahkan secara nyata apakah ini siang atau malam hari karena mungkin kita selalu terpapar oleh cahaya dari komputer ataupun dari hp yang kita tonton.

Kejadian psikologis ini akan memicu ekspresi dari hormon kortisol dan hormon kortisol ini merupakan hormon yang yang bisa memicu stres.

Itu salah satu penyebab dari kalau kita sering begadang terlalu malam maka kita akan merasa jantung berdebar kuat dan nafas tersengal-sengal.

Untuk mengatasinya maka kita harus bisa mereset sistem sirkadian kita dengan membiasakan tidur secara lebih baik seperti kerja 2 dan tidur sebelum larut malam


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel