Bumi Bulat Atau Datar Menurut Islam ?

Berikut ini adalah pandangan dari Ahmad Hasan salah satu dari pendiri Persatuan Islam di Indonesia atau persis tentang Apakah bumi bulat atau datar menurut islam dan apakah bumi itu berevolusi terhadap matahari ataukah matahari yang beredar terhadap bumi seperti yang diperselisihkan antara beberapa golongan khususnya komunitas flat earth atau bumi datar.
Bumi Bulat Atau Datar Menurut Islam ?, flat earth, bumi datar, persis, cirumanja.com

Komunitas bumi datar atau flat earth menyatakan bahwa bumi ini berbentuk tidak bulat atau datar, Selain itu mereka meyakini juga bahwa bumi ini adalah merupakan pusat dari seluruh benda-benda yang ada di tata surya dan di luar angkasa sehingga pandangan yang selama ini ada di masyarakat umum yang menyatakan bahwa bumi ini mengelilingi matahari adalah salah. yang benar menurut mereka adalah bumi ini dikelilingi oleh matahari jadi bumi diam sedangkan matahari bergerak mengelilingi bumi.

Berikut adalah pandangan Ahmad Hasan yang ada pada buku "Soal jawab masalah agama" . Pendapat beliau ini merupakan pandangan yang berdasarkan ilmu beliau tentang Alquran dan hadis.

Apakah Benar Menurut Islam Bumi Mengelilingi Matahari ?


Dalam buku itu dinyatakan bahwa ada yang bertanya bahwa di dalam Alquran tersebut Sebuah ayat yang menyatakan bahwa Dan Matahari itu beredar di tempat ketetapannya. Sang penanya menanyakan bahwa dibuku sekolah tersebut dinyatakan bahwa bumi itu mengelilingi matahari Bagaimana penjelasan menurut Ahmad Hasan

Firman Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang artinya bulan itu kami Tentukan baginya tempat-tempat (peredarannya). ( Quran Surat Yasin ayat 39).

Dari sini kita dapat mengetahui bahwa bulan itu beredar. Allah Subhanahu Wa Ta'ala juga berfirman bahwa yang artinya engkau lihat gunung-gunung itu, engkau sangka dia barang yang keras (diam) Padahal dia berjalan-jalan sebagaimana Mega, yaitu perbuatan Allah yang amat sempurna membuat sesuatu (Quran surat An naml ayat 88).

Dari ayat ini kita dapat mengetahui bahwa bumi itu berjalan (revolusi) karena kalau dikatakan gunung berjalan Padahal kita lihat bahwa Gunung itu tidak berpisah dari bumi, tentulah maksudnya bahwa gunung-gunung itu berjalan bersama-sama bumi yang menjadi dasar (tempat berdiri) baginya.

Dalam surat Yasin ayat 38 Allah berfirman Dan Matahari itu beredar di tempat ketetapannya

Dari ayat ini pula kita dapat mengetahui bahwa matahari juga berjalan atau beredar. Sekarang Perlu Kita sesuaikan ayat-ayat itu dengan pendapat ahli Falak (astronimi) yang memakai perhitungan teropong dan sebagainya.

Ahli Falak (astronomi) berkata bahwa bulan itu mengelilingi bumi dan bumi yang dikelilingi oleh bulan itu, mengelilingi matahari dan pendapat dahulu memang menetapkan bahwa bumi ini beredar dan matahari diam.

Di waktu itu, tentulah orang menyalahkan Quran yang berkata matahari juga berjalan. Pendapat baru menetapkan, bahwa matahari itu pula berjalan.

Pendapat baru menetapkan bahwa matahari itu pula berjalan. Pendapat baru menetapkan bahwa matahari itu pula bersama-sama lain-lain bumi yang mengelilinginya mengelilingi 1 bintang lain yang belum diketahui.

Bumi bulat atau datar menurut islam ?

Dalam sesi tanya jawab lainnya Hasan pendapatnya sebagai berikut :

Ulama falak (ahli astronomi islam) dahulu berkata bahwa matahari tidak beredar, tidak berjalan hanya tinggal tetap, sedang Alquran berkata berkata bahwa Matahari, Bumi bulan dan lain-lainnya semuanya berjalan. Ulama Falak (ahli astronomi islam) di zaman modern ini mengakui kebenaran Alquran tersebut.

Quran Surat Yasin ayat 38, 39 , 40 dan Quran surat Arrahman ayat 5 sudah cukup untuk menerangkan bahwa tiap-tiap sesuatu benda yang ada di luar angkasa seperti matahari, bumi bulan dan lain-lain itu terus beredar atau berputar di masing-masing tempat yang telah ditetapkan oleh Allah.
Dengan ini kita ketahui bahwa pendapat ulama Falak Islam (ahli astronomi islam) dan dan ahli astronomi Eropa sekarang sesuai dengan Alquran

Firman Allah dalam Quran surat az-zumar ayat 5 yang artinya allah menggulingkan malam atas siang dan menggulingkan siang atas malam

Dengan memperhatikan sedikit saja ayat itu, kita mengetahui bahwa kejadian siang dari bumi ini disebabkan bumi berputar di hadapan matahari dan kejadian malam bagi sebagian dari bumi ini disebabkan bagian ini tidak menghadap matahari. Dan ayat ini sendiri menunjukkan dengan terang benderang bahwa bumi itu bulat karena gulingan dan Peredaran siang dan malam seperti yang tersebut di ayat itu tidak akan terjadi kalau bumi ini datar.

Firman Allah dalam surat Yunus ayat 5 yang artinya Allah (Tuhan) yang menjadikan matahari itu terang dan bulan itu bercahaya dan ia telah Tentukan beberapa tempat(peredarannya) supaya kamu mengetahui bilangan tahun dan perhitungannya.

Ayat ini menerangkan bahwa Allah ada kan Matahari sebagai penerangan dan ia adakan bulan sebagai cahaya dan ia adakan tempat-tempat peredarannya untuk manusia mengambil perhitungan hari bulan tahun. Dari itu semua dapat kita simpulkan
Matahari, bulan, bumi, dan Bintang lainnya yang di angkasa semuanya beredar (mengorbit)
Bumi ini berputar mengelilingi matahari
Bulan Juga beredar
Semua benda yang beredar dan berguling menurut sifatnya, sudah pasti bulat atau jadi bulat

Peredaran bulan itu jadi satu tanda untuk mengenal perhitungan hari, astronomi dan sebagainya.

Kiita mengetahui bahwa bumi ini berguling di hadapan matahari dan kita mengetahui juga bahwa bulan itu beredar.

Demikian pendapat Ahmad Hasan salah satu pendiri persis tentang Menurut Islam Apakah bumi datar dan apakah benar matahari berevolusi (beredar) mengelilingi bumi. Hal ini menurut admin cirumanja.com merupakan pendapat yang bisa diterima dan bisa membantah teori tentang bumi datar bahwa bumi itu datar dan mataharilah yang mengelilingi bumi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel